Setelah tutorial If (fungsi if) pada Excel kali ini akan share tutorial bagaiamana mencari nilai dari tabel secara vertikal atau dalam Excel VLOOKUP dan bagaimana mencari nilai dari tabel secara horizontal atau dengan kode HLOOKUP. Baik langsung saja simak tutorial di bawah mengenain vlookup dan hlookup pada excel.
Vlookup dalam contoh dibawah adalah bagaimana kita mencari suatu nilai data dari tabel lainnya sercara vertikal. Digambarkan kita mencari nama barang pada kode yang tertera di tabel penjualan harian dimana kita mencarinya pada Tabel Nama Barang.
Sintaks/Perintahnya:
=vlookup(look_value; table_array; col_index_num;[range_lookup])


Setelah perintah pertama sudah ditemukan, agar secara otomatis baris berikutnya terisi. Kita gunakan Smart Copy. Dengan cara mendrag kotak baris yang telah terdapat nilainya atau kita bisa double klik atau klik dua kali pada pojok kanan bawah cell dari nilai yang di temukan. Tapi perlu diingat jika kita tidak mengunci perinta table_array nya maka hasil akan kacau dan berubah. Maka dari itu kunci terlebih dahulu dengan cara blok kode dimana mengarah tabel yang akan di cari kemudian tekan F4, atau kita menambahkan simbol "$" pada tengah2 antara baris dan kolom seperti B$4:C$1. Simak baik-baik


Sekarang kita beralih ke HLOOKUP, seperti yang tadi di jelaskan bahwa hlookup adalah mencari suatu nilai dari data secara horizontal. Ok langsung saja ini dia :

=hlookup(look_value; table_array; col_index_num;[range_lookup])


Sekian dulu mengenai Tutorial Vlookup dan Hlookup pada Excel. Semoga bermanfaat :)

Post a Comment Blogger

 
Top